Waktu adalah Hadiah yang Sangat Berharga

Hal tersulit dalam hidup ini yang tidak akan diperoleh kembali adalah waktu yang hilang. Sama sekali mustahil. Berbicara tentang mengawali waktu adalah hadiah yang sangat berharga ini, sadari terlebih dulu musuh nomor satu dan dua dalam hidup ini yaitu kemalasan dan menunda-nunda pekerjaan. Jangan biarkan dua pencuri tersebut berada di sekitar kehidupan anda.

Saya dapat katakan kepada anda bahwa, umumnya seorang wiraniaga punya rutinitas yang biasa mereka lakukan sesampainya di kantor untuk bekerja. Di sinilah kesamaan tersebut berakhir. Meskipun di antara mereka bekerja keras, banyak juga lainnya yang menggantungkan jaket kemudian bergabung dengan "lingkaran pecundang." Mereka bersantai sambil mengopi, mengobrol pertandingan bola semalam, dan bercanda dengan lainnya.

Bagi orang seperti mereka, ya itulah kebiasaan rutinitas yang dilakukan hampir setiap hari. Sebelum anda sadari, mereka sudah membuang pagi yang berharga. Tidak seorang pun di kelompok tersebut punya rencana untuk melakukan sesuatu selain gagal. Hampir semuanya memang gagal.
Siapapun bisa menjadi pemenang karena sampah jika diolah dengan benar akan jadi sumber daya, tapi sumber daya jika tidak diolah akan menjadi sampah
Apa anda pernah mendengar ungkapan, "waktu adalah uang"? Dalam permainan saya, waktu adalah bos besar saya. Waktu adalah prioritas nomor satu. Saya mungkin lebih memahami manajemen waktu dibandingan dengan anda. Saya punya rencana, dan saya memegang kendali. Dalam rencana saya, waktu adalah "sahabat", bukan "musuh" saya.

Berpikirlah jauh ke depan. Apa yang anda butuhkan? Siapkan, singkirkan gunungan dokumen dari meja anda dan ubah menjadi berkas-berkas yang efisien yang mudah anda jangkau. Saya tidak pernah mengisi atau merencanakan apapun untuk hari ini mulai dari saya bangun pagi. Semua sudah saya lakukan pada hari sebelumnya. Inilah rutinitas yang selalu saya kembangkan untuk karier saya.
Kuncinya terletak bukan pada bagaimana anda menghabiskan waktu, namun dalam menginvestasikan waktu anda
Seperti kehidupan, strategi saya memang tidak sempurna, tetapi cukup mendekati. Saya punya kendali atas waktu saya. Saya tidak pernah menganggap diri saya jenius atau memiliki bakat istimewa. Yang saya tahu adalah cara ini sangat masuk akal. Jika prioritas tersebut penting bagi anda, anda pasti akan menemukan waktu dan cara menata penyelesaiannya.

waktu adalah hadiah yang sangat berharga

Cara mengoptimalkan waktu dengan baik

Meski tidak mengatasi masalah anda, mempunyai sebuah rencana yang tertata memberi anda alat dan peluang terbaik untuk mengetahui cara menghadapi masalah tersebut secara efektif. Langkah terbaik yang bisa anda lakukan tidaklah sulit.

Tata pikiran anda dengan membuat prioritas di atas kertas

Saya pikir banyak orang di luaran sana yang merasa tidak terlalu suka membuat buku janji, diary, agenda, atau apalah anda mengistilahkannya. Mereka melihatnya sebagai dokumen tambahan, hal kecil yang tidak perlu. Mereka pikir mereka dapat mengingat segalanya di luar kepala sehingga tidak perlu repot-repot menulis seperti itu. Jika anda punya pikiran seperti ini, maka saya sarankan anda untuk mundur menjadi orang sukses.

Jangan rencanakan hari anda di tempat kerja, lakukan perencanaanya di akhir hari kerja atau malam hari sebelum hari selanjutnya. Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan hal tersebut sebelum anda benar-benar mulai bergerak ke depan dengan sebuah rencana yang tertata untuk besok pagi. Saat itu waktu sudah menjelang sore. Siapa yang membayar untuk hal tersebut
Ketika kita bekerja untuk melakukan segala sesuatu, kita bisa dengan mudah terjebak ke dalam situasi di mana aktifitas itu hanyalah sebuah rutinitas
Saat melakukan penataan, lakukanlah dengan benar. Lakukan dengan cerdas dan gunakan waktu anda secara efisien. Apapun yang anda lakukan, jangan lupa menulisnya di atas kertas karena hal ini akan membantu anda dalam melacak kemajuan anda dan memastikan anda tidak melewatkan apapun.

Sebenarnya saya sama sekai tidak peduli anda memo tempel, agenda atau memori anda untuk memetakan hari. Yang saya maksud di sini adalah bahwa jika anda tidak dapat menikmati sukses saat ini karena tidak mampu memanfaatkan waktu anda secara kondusif, maka sudah jelas ada sesuatu yang salah dengan alat ataupun pendekatan yang anda gunakan.

Pilih target anda dan atur untuk membidiknya

Sering kita berpikir bahwa semua yang kita lakukan sudah benar, namun bidikan tersebut masih meleset. Ada beberapa cara untuk memastikan anda sudah melakukan perencanaan yang baik untuk meraih target yang sudah anda buat. Cukup ajukan pada diri sendiri :
  • Dapatkah saya segera menemukan apa yang saya butuhkan saat saya membutuhkannya?
  • Dapatkah saya menyelesaikan apa yang sudah saya mulai dalam kerangka waktu yang sudah saya tetapkan?
Setelah sering melakukan percobaan trial and error, saya hampir menemukan pendekatan yang sempurna yaitu "apa yang saya butuhkan" dan "Waktu yang saya butuhkan untuk melakukannya". Menurut saya, dengan pendekatan ini saya selalu dapat mempersiapkan diri menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Intinya adalah gunakan waktu seefektif mungkin. Cara ini mampu memperoleh uang maksimal dalam waktu minimal. Nah, ini dia yang dimaksud dengan "manajemen waktu" yang efektif.
Hidup itu tidak menunggu badai berlalu, hidup itu belaar menari di bawah hujan
Berpikir jangka pendek dulu. Anda akan memperoleh sebuah gambaran yang realistis yang mampu anda kerjakan. Menggandakan apa yang dapat anda lakukan dalam seminggu menjadi bulan dan tahun dapat anda lakukan jika anda memulai dengan langkah-langkah pendek. Setelah itu anda akan tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan sasaran besar anda seperti membeli rumah maupun mobil.

Post a Comment

Chrome Pointer