Menata Hidup dengan Benar

Tanpa adanya sikap positif dalam diri anda, hampir dapat dipastikan bahwa anda akan gagal, selain tidak adanya keteguhan hati dan kemampuan untuk berhasil. Kunci memanfaatkan energi sikap positif adalah menyusun rencana yang memaksimalkan energi tersebut. Rencana tersebut akan dibahas pada topik kali ini yang bertema menata hidup yang benar. Seperti judulnya, saya tidak sekedar berbicara tentang hari kerja anda di sini.

Prinsip-prinsip aturan ini berlaku pada sesuatu yang anda lakukan dalam hidup, di dalam dan di luar pekerjaan. Prinsip-prinsip ini erat hubungannya dengan bagaimana anda memprioritaskan waktu dan cita-cita anda. Jadi, jangan pernah membayangkan aturan ini hanya berlaku pada pekerjaan, karena memang tidak seperti itu kenyataannya.

menata hidup dengan benar

Perencanaan tertata menuju sukses

Pertama-tama, anda harus mulai dengan memutuskan apa yang penting bagi anda. Susun daftar prioritas menurut pengelompokannya sesuai hidup anda. meskipun sebelumnya anda tidak pernah meluangkan waktu untuk membuatnya, sekarang kerjakan hal tersebut. Anda dapat memperbaharuinya sesering mungkin mengikuti keadaan yang berubah. 

Ketahuilah bahwa daftar setiap orang akan sedikit berbeda satu sama lain, namun secara keseluruhan pasti akan memuat beberapa hal-hal seperti berikut :
  • Memperoleh penghasilan yang baik supaya dapat memenuhi kebutuhan dan keingan anda
  • Menyediakan rumah yang nyaman, aman, dan menyenangkan bagi keluarga anda
  • Menyediakan perawatan kesehatan yang baik demi kesejahteraan keluarga
  • Meluangkan waktu untuk melakukan aktifitas bersama keluarga atau teman
  • Mendukung pendidikan dan minat lain anak anda ( bila sudah berumah tangga )
  • Meluangkan waktu khusus untuk pasangan
  • Menjadwalkan waktu untuk minat dan hobi pribadi anda
Banyak hal dalam daftar di atas mencerminkan target-target saya sendiri. Saya selalu menanamkan target-target tersebut dalam hidup saya. Saya ingin keluarga saya dapat menikmati hal-hal terbaik yang mampu saya lakukan dan tidak harus khawatir mau tinggal dimana atau cemas akan peluang untuk memperoleh pendidikan yang bagus. Sampai saat ini, saya mampu meluangkan banyak waktu untuk bersama pasangan, keluarga maupun teman saya karena saya telah "selesai" dari gangguan pekerjaan saya. 

Jika tidak membuat daftar seperti itu, Anda dapat berakhir luntang-lantung tanpa arah seumur hidup dan tanpa alasan untuk tetap ada. Bagi saya, hidup dengan tujuan adalah yang menjadikan hidup itu sendiri istimewa. Jangan hanya melakukan untuk anda sendiri, lakukan juga untuk keluarga anda. 

Saya tidak punya apapun untuk ditulis dalam daftar pertama saya selain sekantung sembako yang membantu keluarga saya bertahan selama beberapa hari ke depan. Seiring berkembangnya pribadi saya, sasaran saya juga berubah bersama cara yang saya gunakan. Akan tetapi, saya punya rencana. Susun rencana anda sekarang! Rencanakan untuk memperbaruinya sesering mungkin.

Tidak ada yang salah jika prioritas nomor satu dalam daftar anda adalah memperoleh penghasilan bagus, sepanjang anda tidak melakukan demi uang semata. Bahkan, penghasilan yang bagus akan membantu anda mengalami banyak hal penting dalam kehidupan anda maupun sekitar anda. Jangan lupa untuk berbagi sebagian keberuntungan anda dengan mereka yang kurang beruntung di dunia.

Sepositif apapun sikap anda, jika anda tidak menata hari anda, waktu akan menjadi musuh anda begitu anda menginjakkan kaki di tempat kerja. Anda akan membuang waktu seharian berusaha mencari tahu apa yang seharusnya anda kerjakan dan ke mana anda seharusnya mengarahkan usaha. Akibatnya, hari anda terbuang percuma dan anda hanya berhasil menyelesaikan sedikit sekali pekerjaan atau bahkan tidak sama sekali. 

Rencana yang tertata adalah wajib demi efisiensi penggunaan waktu. Rencana yang tertata adalah salah satu kunci utama sukses, kembali lagi pada cara anda mengunakan waktu anda. Jika tidak memahami pentingnya perencanaan yang tertata, anda tidak akan pernah menghargai atau memperoleh kesadaran yang lebih dalam atas kunci utama menuju penataan yang efektif.

Saya tidak kenal perencana sukses mana pun yang tidak memulai dengan menuliskan segala sesuatunya terlebih dulu. Daftar tugas yang harus dilakukan adalah tempat yang hebat untuk memulai. Jika anda bukan orang yang biasa menuliskan segala sesuatu atau tidak pernah menyimpan catatan harian atau buku agenda, tidak usah khawatir. Beberapa pekerjaan memang tidak membutuhkan catatan harian yang rinci. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak menggunaka alat perencana meski mereka membutuhkannya. Orang tersebut sangat mudah ditemukan, dan kerap ditemui di barisan penganggur. 

Saya menyempurnakan pendekatan saya, semakin baik dan semakin baik, semakin kuat dan semakin kuat setiap harinya. Saya selalu menetapkan arah tujuan untuk hari esok seperti layaknya seorang nakhoda kapal. Saya tahu ke mana dan bagaimana saya akan pergi bahkan sebelum "layar saya kembangkan" besok pagi. Tidak ada yang mengejutkan. Seperti itulah rutinitas saya. Jika hari yang saya lewati menyenangkan, saya akan menepuk punggung saya sendiri, "aku bangga padamu, Rio". Kemudian ucapkan syukur kepada Tuhan atas hari ini. 

Post a Comment

Chrome Pointer