Arti Istirahat dalam Hidup

Penulis sekaligus filsuf ternama dari Prancis, Voltaire, mengatakan, "Beristirahat adalah sesuatu yang bagus. Akan tetapi, kebosanan adalah saudara laki-lakinya." Arti istirahat dalam hidup bukan berarti "tidak melakukan apapun". Menurut saya, jika kebosanan itu seperti saudara laki-lakinya, maka kemalasan pastilah saudara kembarnya. Jangan mencampuradukkan menganjar diri anda dengan bersantai dan menikmati sedikit waktu luang dengan bermalas-malasan. Di sini bedanya sangat besar. Setelah bekerja keras untuk meraih target, anda baru berhak atas segala sesuatu sebagai pengakuan atas usaha tersebut.

Akan tetapi, ada beberapa orang yang tidak meraih prestasi apapun di dalm hidupnya, tetapi sepertinya yang mereka lakukan hanyalah mengganjar diri. Kita punya banyak orang seperti itu di dalam bisnis kita seperti makan siang berlama-lama, membolos, nongkrong di bar bersama para pecundang lain di dalam lingkaran mereka. Kenyataannya, mereka adalah orang gagal yang prestasi satu-satunya hanyalah merampas kesempatan keluarga mereka untuk menikmati betapa menyenangkannya memiliki rumah besar, pendidikan berkualitas, perawatan kesehatan yang layak serta masa depan dengan finansial yang terjamin. Semua dirampas karena kemalasan dan egoisme mereka.

Bukankah anda akan terganggu oleh orang-orang semacam itu? Di satu sisi, saya merasa senang karena berkurangnya pesaing saya dalam dunia bisnis untuk mencari makan. Akan tetapi di sisi lain, saya mengakui realitas menyedihkan bahwa di luar sana ada keluarga yang dirampas haknya akibat kurangnya etos kerja mereka. Bukan hanya sekedar gagal memenuhi tanggung jawab dan kewajiban mereka, namun mereka juga sudah "berkhianat" karena sudah memakan hak anggota keluarga yang dicuri.

Di sinilah hal yang menarik bagi saya. Waktu dan tenaga yang anda buang dalam usaha mencari trik untuk menghindari berpikir, merencanakan, atau melakukan kerja keras apapun selalu ingin mencari gampangnya saja. Saya harap itu bukan anda. Saya harap itu menjadi pengalaman terakhir anda.

Membangkitkan energi baru dan mengambil istirahat setelah bekerja dengan baik jelas sangat berbeda dari tidak melakukan apapun sepanjang waktu sejak bangkit dari ranjang tempat tidur anda setiap pagi. Inilah definisi dari penderitaan hidup yang saya tahu. Dulu saya sering merasakannya, hidup yang seperti itu-itu saja, tidak pernah berkembang. Bukan keterbatasan yang menghalangi bahagia anda, tapi sifatlah yang menentukan semuanya.

arti istirahat dalam hidup


Pandangan yang keliru tentang istirahat

Kita memang butuh mengganjar diri kita atas hasil dan prestasi yang sudah kita capai. Tapi jangan terlalu lama "menari di puncak gunung". Ingat, mengganjar diri anda sendiri sama dengan membangkitkan energi baru. Jika terlalu asyik menari di puncak, anda dapat terpeleset dan jatuh ke dasar jurang. Jaga keseimbangan. Nikmati momen, tetapi selalu siap untuk melanjutkan kerja. Masih ada bukit-bukit lain untuk didaki. Akan tetapi, jangan ragu untuk menikmati ganjaran anda.

Asyik nongkrong dengan kerabat

Mengganjar diri anda dengan ngumpul-ngumpul bersama teman tidaklah salah, bahkan harus. Tetaplah bersosialisasi dengan teman atau kerabat anda. Jaga relasi anda. Namun, anda jangan sampai lupa pada kewajiban anda. Anda harus mendaki bukit lagi untuk mengambil semangkuk nasi di atas sana untuk diberikan pada keluarga anda. Ini kewajiban anda. 

Salah teman bergaul

Seperti yang sudah saya katakan, anda boleh menikmati ganjaran atas apa yang sudah anda capai. Bersenang-senanglah agar jenuh dalam pikiran anda hilang. Fatalnya bila anda salah teman bergaul. Bila anda sudah sadar bahwa lingkungan anda hanyalah orang-orang malas, saya harap anda mulai meninggalkannya. Anda harus sukses. Di rumah telah banyak orang yang menanti hak mereka atas hidup yang layak. Andalah yang harus memenuhi hak-hak mereka. Mulailah keluar, atau anda hanya menjadi seorang pecundang.

Terlalu lama bersantai

Nikmati masa-masa anda sedang berlibur. Waktu ada sepenuhnya di tangan anda. Andalah yang dapat menentukan berapa lama anda bisa menikmati itu. Bijak dalam mengambil tindakan. Ingat, hindari kata, "ah, saya masih punya uang" "besok aja deh baru mulai lagi" "tanggung nih belum beres" "ada kerabat yang mau ngajak pergi-pergi, besok aja deh". Menunda adalah bibit penyakit yang sangat ganas. Terjangkit oleh penyakit ini, tidak lama kemudian anda akan langsung sampai pada stadium 3. Dan saat itu tiba, tidak ada obat yang bisa menyembuhkan anda. Maka, bijak dalam mengambil keputusan.

Menikmati uang hasil kerja

Joe Girard, salesman eceran nomor 1 di dunia mengatakan, "saya sering mengajak istri saya berlibur ke Las Vegas saat saya sudah mencapai target yang saya buat, itu cara saya." Sekarang lihat diri anda. Berkacalah, sejauh mana anda memiliki kemampuan. Buatlah target yang besar agar anda mampu seperti seorang Joe Girard. Hidup menjadi orang sukses sangat menyenangkan. Kita semua tahu itu, tapi seberapa banyak orang yang mau berjuang untuk itu? 

Hobi ekstrem

Bagi anda yang masih bekerja dan belum memiliki pasif income yang pasti, saya anjurkan untuk tidak mengganjar prestasi anda dengan hobi anda yang ekstrem. Hobi adalah suatu hal yang sangat anda senangi jika melakukannya. Tapi juga tentu ada resiko di balik itu. Pikir kembali. Ingat bahwa anda harus memenuhi hak orang yang sedang ada di rumah anda. Anda adalah andalan mereka, tempat mereka berpijak. Pada siapa lagi mereka bisa berpijak jika bukan pada anda? 

Post a Comment

Chrome Pointer