Cara Membuat Hidup Lebih Berarti

Hallo sobat semua, tema kali ini saya ingin membahas tentang cara membuat hidup lebih berarti, hidup dengan kualitas yang baik. Pembahasan ini saya dapat dari salah seorang guru spiritual saya saat saya sedang sekolah minggu. Ia sudah menceritakan sesuatu hal yang sangat menarik hingga merubah cara berpikir saya sekarang ini dan saya ingin sekali membagikannya juga kepada kalian sahabat-sahabat.

cara membuat hidup lebih berarti


Menurutnya, hidup yang berarti dan berkualitas adalah hidup yang telah menyatu dengan alam. "Hah menyatu dengan alam? Mati dong berarti?" Itulah yang ada di benak saya pertama kali mendengar kalimat tersebut. Ya benar mati tapi, "mati" dalam tanda kutip ini adalah telah meninggalkan nafsu dan pemikiran yang duniawi. Memang bagi mereka itu bukanlah hal yang sulit karena mereka adalah seorang Bhante. Lalu bagaimana dengan kita yang masih manusia normal.

Di sini lah letak hal yang menariknya bagi saya. Dia menjelaskan kepada saya bahwa, "mati" tidak harus meninggalkan segala kegiatan yang ada di dunia. Bukan berarti kita tidak boleh pegang duit lagi, tidak boleh berpacaran, tidak boleh makan enak, jalan-jalan ke mall ato hal lainnya lagi deh. Lalu apa maksudnya?

Berpikir realistis dan tetap memegang ajaran, selagi hal yang kita lakukan tidak menentang ajaran, hal itu akan sah dan memang harus kita jalani dalam hidup ini sebagai manusia normal. Justru hal-hal tersebutlah yang menjadi seni dalam hidup ini, apa kita akan membuat seni tersebut menjadi bagus atau justru akan merusak seni tersebut hingga membuat diri kita hancur. Sebuah kalimat yang menurut pandangan saya adalah benar.

Banyak ajaran di luar sana yang mengatakan "Anda tidak boleh ... !!" "Jangan melakukan ... !!" "Itu adalah perbuatan dosa yang ... !!" Ya memang mereka benar dan saya tidak menyalahkan mereka, namun perlu diingat bahwa kita adalah manusia normal, kita hidup bukan dengan tekanan dari alam tapi hidup dengan kenyamanan dari alam. Itulah yang akan membuat hidup lebih berarti dan berkualitas.

Langkah untuk mewujudkan hidup yang berarti

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk bisa mewujudkan itu dan sebenarnya anda sudah mengetahuinya hanya saja belum terbuka pada alam pikiran anda. Menariknya lagi, hal tersebut tidaklah sulit untuk dilakukan. Benarkah?

Buat orang lain respect kepada anda 

Membuat orang lain respect terhadap kita bukalah suatu hal yang sulit, namun juga bukan suatu hal yang mudah. Saya akan menjelaskan secara rinci mengenai hal ini berdasarkan dari apa yang saya dapat dari guru spiritual saya. Bukankah sesuatu hal yang menyenangkan bila kita diperhatikan oleh banyak orang? Ketika kita sedang hendak berpergian, orang memberikan perhatiannya seperti, "hati-hati ya di jalan", "jangan lupa makan ya" . Walaupun hanya sekedar basa-basi saja, tapi itu merupakan suatu bentuk bahwa ia respek dan ada menaruh perhatiannya pada anda. Hidup seperti ini menurut saya sangatlah menyenangkan. Lalu bagaimana caranya? Itulah yang yang menjadi pertanyaan bukan? Oke langsung simak aja penjelasan di bawah ini.

Langkah-langkah yang bisa anda lakukan adalah luangkan waktu anda pada orang yang hendak anda ajak berkenalan. Berbicaralah banyak topik tentang hal yang ia sukai. Bila anda sedang punya uang, alangkah lebih baiknya jika anda mengajaknya pergi makan. Membuat orang lain senang adalah penilaian pertama seseorang akan mulai respek kepada anda. Kenali situasi di sekitar anda. Apa yang mungkin bisa menjadi suatu topik, keluarkan saja, buatlah terus diri anda bersamanya bercakap panjang lebar. Jangan sesekali mengeluarkan opini yang menyinggung hatinya. Ikuti saja irama permainannya. Mudah bukan?

Tolong teman yang kesulitan

Anda juga bisa lakukan dengan menolong teman, kerabat atau siapa saja di saat ia sedang kesulitan, baik itu jasa maupun materil. "Apakah rugi bagi saya, apalagi dia orang yang baru saja saya kenal?" Tidak sama sekali. Justru anda mendapatkan banyak poin plus di sana. Ketika anda memang benar-benar tulus membantunya, tentu anda akan melakukannya dengan sepenuh hati. Tuhan tidaklah buta !! Anda akan mendapatkan teman yang akan respek pada segala masalah yang mungkin terjadi pada anda. Membantunya hingga menyelesaikan segala permasalahannya adalah hal yang mulia dan kita semua tahu itu. Jadi masihkah anda berpura-pura tidak mengetahui apa masalah yang sedang dihadapi oleh orang lain, walau dalam diri kita telah mengetahuinya bahwa ia sedang dalam masalah?

Usahakan tidak membunuh

Latihlah diri anda untuk tidak ringan tangan hingga membunuh mahluk-mahluk kecil di sekitar anda. Biasanya yang sering menjadi korban adalah nyamuk, semut, lalat, dan lain sebagainya. Sebenarnya dengan anda mempermainkan dan menyiksanya juga termasuk dalam kategori membunuh. Mereka juga mahluk sama seperti kita yang ingin menyatu dengan alam, namun hanya nasib saja yang membedakannya. "Sayangi alam jika anda ingin disayangi oleh alam. " Saya sangat tidak setuju dengan komentar orang yang mengatakan,"nyamuk kalau tidak dibunuh bisa bikin kita DBD !!" Itu adalah komentar orang yang jelas belum mengerti apa inti dari menyatu dengan alam.

Setiap mahluk hidup memiliki korelasi di antaranya, sebuah hubungan yang saling terikat. Bila anda menganggap mereka adalah teman yang saling ingin menyatu dengan alam, maka anda tidak akan pernah diserang olehnya. Percayalah !! Itulah hukum alam yang tidak banyak disadari oleh manusia bahkan diri saya sebelum saya menerima ajaran ini. Mereka adalah bagian dari alam, kita juga adalah bagian dari alam. Apa yang kita lakukan pada alam, alam juga akan melakukannya kepada kita. Inilah yang dinamakan hukum sebab-akibat.

Selalu ingat pada ajaran yang dipegang

Setiap agama tidak ada yang jelek. Yang ada adalah manusia yang salah mengartikannya, hanyalah sebuah pembenaran bila mereka melakukan salah. Hiduplah yang realistis, berkacalah pada cermin, sejauh mana anda dapat melakukan suatu hal. Selalu ingat pada ajaran yang anda pegang, setiap ajaran pasti memiliki aturan mainnya sendiri. Ambil sisi positif dan buang sisi negatifnya. Otomatis anda akan dapat menyelesaikan masalah yang muncul dengan tenang.

Tidak peduli anda beragama apapun, saya harus katakan, latihlah diri anda untuk bermeditasi karena itu baik bagi pertumbuhan mental rohani anda. Orang yang rajin bermeditasi biasanya adalah orang-orang yang bijak dalam mengambil keputusan, tenang menghadapi masalah yang ada di depannya. Menghadapi masalah dalam kondisi tidak tenang justru akan memperkeruh keadaan. Percayalah !! Eh jangan deh, percaya hanya pada Tuhan .. Hahaha..

Buat kelompok sosial

Saya ingin sedikit menambahkan untuk anda membuat sebuah kelompok aksi sosial. Tapi ingat, yang pertama harus anda lakukan adalah cari teman yang memiliki tekad yang sama dengan anda yang ingin menyatu dengan alam barulah anda bisa rekrut dalam kelompok anda. Galanglah dana untuk orang-orang yang tidak mampu atau membutuhkan bantuan dari anda. Atau anda juga bisa berdana dengan melepaskan hewan-hewan seperti burung, ikan, jangkrik atau apa saja ke alam habitatnya. Berapapun jumlahnya, berapapun orang yang mampu anda tolong, semua tergantung dari niat anda. Tuhan memberikan setiap insan kemampuan yang tidak terbatas, paling tidak itulah yang saya yakini berdasarkan apa yang guru saya katakan.

Pada intinya, untuk bisa membuat hidup anda lebih berarti dan berkualitas, semua kembali lagi kepada niat pada diri masing-masing. Apa yang saya dapat sudah saya share kepada kalian yang sedang membaca artikel dari saya ini. Ini semua bukanlah omong kosong belaka, bila anda mampu menjalankannya dengan baik. Bukan berarti saya menilai perbuatan anda selama ini salah, tapi rubahlah perlahan pandangan anda tentang hidup ini. Terima kasih sudah membaca artikel dari saya. Saya sangat senang bila ada teman yang mau menambahkan atau mengkoreksi pembahasan saya ini.
Hidup ini sangatlah menarik, buatlah menjadi berarti dan berkualitas 

Post a Comment

Chrome Pointer