Apa yang Salah Dengan Hubungan Saya? Tanyakan 7 Pertanyaan ini Untuk Mengetahuinya

"Apa yang salah dengan hubungan saya?"

Saya masih ingat mengajukan pertanyaan ini berulang-ulang ketika saya memiliki argumen yang sangat besar dengan pacar saya dua tahun yang lalu. Pada saat itu, tampaknya semua yang bisa dilakukan hanyalah menangis, menunggu untuk hal-hal menjadi lebih baik, atau justru semakin buruk.

Tapi apakah ada jalan keluar? Jika ya, bagaimana kita bisa menemukannya?

Dalam karya inovatif psikolog Amerika, Carl Rogers dalam bukunya yang berjudul, “On Becoming a Person”,  menimbulkan banyak pertanyaan bagi pembaca untuk mengevaluasi hubungan mereka. Di sini saya telah memilih 7 pertanyaan kunci yang mungkin berguna bagi Anda. Meskipun kita mungkin tidak tahu ke mana kita akan pergi, setidaknya itu akan membantu mengetahui di mana kita berada dalam hubungan kita.

Apa yang Salah Dengan Hubungan Saya? Tanyakan 7 Pertanyaan ini Untuk Mengetahuinya

Apakah saya menjadi diri saya sendiri? Atau saya bertindak seolah-olah saya sedang berakting?

"Apakah saya menerima diri sebagai orang yang tidak sempurna?"

Kadang-kadang kita memiliki tekanan untuk hidup sampai menjadi standar seperti orang lain, untuk memenuhi kebutuhan ideal sosial tertentu. Kadang-kadang rasanya seolah-olah, jika kita tidak melakukan, kita akan membiarkan orang yang kita sayangi pergi, dan segala hal akan mulai berantakan.

Jika Anda mengalami perasaan ini, maka mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk menarik diri dari hubungan Anda, beristirahat dan bertanya pada diri sendiri, "Siapa saya?" Sangat mudah untuk bertindak sesuai dengan harapan orang lain untuk sementara waktu, tapi percayalah, Anda tidak bisa berpura-pura untuk selamanya.

Dapatkah saya menjadi cukup ekspresif sebagai orang yang apa yang saya inginkan dalam menjalani hubungan dengan jelas?

Kita semua pernah mengalami perjuangan tentang sesuatu yang tidak benar dalam hubungan, tapi kita tidak ingin berbicara tentang hal itu secara langsung. Namun demikian, menceritakannya kepada orang lain terlebih dulu bagaimana perasaan Anda tidak selalu berarti bahwa Anda akan menyakiti perasaan pasangan Anda. Bahkan, ketika Anda melihat ke depan untuk hubungan jangka panjang, penting bagi Anda untuk membangun konsensus, untuk mengetahui suka dan tidak suka satu sama lain.

Jadi mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk benar-benar bertanya pada diri Anda sendiri, "Apa yang saya inginkan?"

Dapatkah saya cukup kuat sebagai seseorang yang berbeda dari yang lain?

Semua orang mengatakan bahwa, "Dua menjadi satu, dalam hubungan kita saling melengkapi dan bergantung satu sama lain." Tapi apakah itu benar?

Faktanya adalah, jika kedua orang bergantung sepenuhnya pada satu sama lain tanpa menemukan gairah dan makna hidup mereka sendiri, maka hubungan akan mulai menjadi stagnan, lemah dan berongga, dan keduanya secara bertahap akan mengalir dari kekuatan dan energi mereka masing-masing. Jadi, dua tidak menjadi satu dalam hubungan. Dua tidak bisa menjadi satu dalam hubungan. Justru karena cinta, kita harus mandiri dan kuat untuk saling mendukung.

Dapatkah saya masih bisa menerima "dia" sepenuhnya apabila bergerak tidak sesuai keinginan saya?

"Dapatkah saya menjadi penerima dari setiap aspek yang orang lain sajikan kepada saya? Atau saya hanya bisa menerima dia secara kondisional, hanya menerima dari beberapa aspek perasaannya dan diam-diam atau terang-terangan mencela semua aspek lain? Apakah saya merasa bahwa dia harus mengikuti saran saya, atau tetap tergantung pada saya, atau membentuk dirinya sendiri tanpa saya?"

Jika Anda bertanya, menunggu, dan berharap bahwa "dia" akan berubah akhir-akhir ini, akankah Anda masih menerima dia sebagai siapa dia bahkan jika ia tidak berubah?

Dapatkah saya melangkah ke dunia pribadinya sehingga saya benar-benar tidak akan pernah men-judge nya lagi?

"Dapatkah saya membiarkan diri saya masuk sepenuhnya ke dalam dunianya dan melihat ini seperti yang dilakukannya? Dapatkah saya masuk ke dalam area sensitifnya dan tetap bisa bergerak di dalamnya dengan bebas, tanpa membuatnya tersinggung?"

Pemahaman berisiko. Jika kita membiarkan diri kita benar-benar memahami orang lain, kita mungkin akan diubah oleh pemahaman itu. Dan tentu kita semua takut perubahan itu. Apakah Anda memiliki keberanian untuk meletakkan diri Anda sendiri untuk benar-benar merangkul orang yang anda cintai?

Apakah hubungan saya statis? Apakah saya takut perubahan?

Apakah Anda menghadapi perubahan dalam hidup Anda? Apakah hubungan Anda berubah karena pasangan Anda memiliki hobi baru? Pekerjaan Baru? Sebuah rencana baru untuk hidupnya? Apa saja hal-hal yang menghambat Anda dari menghadapi perubahan tersebut? Ingat, hubungan yang nyata memiliki cara menarik untuk menjadi penting dan bermakna. 

Dapatkah saya bertemu individu lain yang sesuai dengan saya, atau saya masih terikat dengan masa lalunya maupun dengan masa lalu saya sendiri?

Secara keseluruhan, kita tidak sempurna. Cinta adalah antara orang-orang yang tidak sempurna. Jadi beristirahat, menarik diri keluar dari hubungan untuk sementara waktu, menghabiskan waktu dengan diri sendiri, atau mungkin menginap di rumah teman-teman lama Anda. Masa depan mungkin tidak jelas bagi Anda. Namun dengan berjalannya waktu,  Anda akan mengetahuinya.

Post a Comment

Chrome Pointer